Jumat, 11 Desember 2009

Barca Susul Inter

Barca Susul InterBeograd, (ANTARA News) - Penyandang gelar Barcelona maju ke putaran 16 besar Liga Champions setelah menang 2-1 di Dynamo Kiev Rabu malam dan bergabung dengan saingan mereka dari Grup F, Inter Milan, yang menang 2-0 di kandang atas Rubin Kazan.

VfB Stuttgart juga lolos ke putaran berikutnya setelah mencetak tiga gol awal untuk kemenangan 3-1 atas tim Romania, Unirea Urziceni, sedangkan Olympiakos Piraeus mengalahkan tim yang sudah lolos Arsenal 1-0 di kandang mereka.

Olympique Lyon menyudahi permainan tim Hongaria, Debrecen, 4-0, tetapi hanya berada di urutan kedua Grup E setelah Fiorentina --yang sempat kecolongan untuk mencetak kemenangan 2-1 di Liverpool-- dan klub Inggris itu sudah tersingkir sebelum maju ke pertandingan terakhir penyisihan grup.

Barca juga berada dalam bahaya nyaris tersingkir setelah gebrakan Artem Milevskiy membuat Dynamo unggul pada menit kedua tetapi pemain tengah dari Spanyol Xavi menghapus kekhawatiran mereka ketika menyamakan kedudukan pada pertengahan permainan babak pertama.

"Saya mengucapkan selamat kepada semua pemain karena mereka sudah mengeluarkan kemampuan luar biasa. Permainan dalam grup itu hebat sekali dan kami harus mengatasi banyak masalah," kata pelatih Barcelona Pep Guardiola dalam temu pers.

"Kami bereaksi amat cepat setelah kecolongan gol Dynamo itu. Para pemain tetap bersemangat di tengah lapangan dan mereka mampu mengontrol bola dari waktu ke waktu," katanya.

Pemain terbaik FIFA tahun ini, Lionel Messi, melengkapi kemenangan Barca pada menit ke-86, ketika tembakannya dari titik bebas tidak dapat dijinakkan penjaga gawang Olexandr Shovkovskiy.

Barcelona, yang berada di urutan puncak klasemen Liga Spanyol (La Liga) dan amat berpeluang mempertahankan gelar Liga Champions dalam format peman sekarang, pun akan maju ke turnamen antar-klub Piala Dunia yang sudah berlangsung mulai Rabu di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Permainan Inter berkembang dengan bagus ketika Mario Balotelli membangun serangan dan mengirim bola dengan menggunakan tumitnya kepada Samuel Eto`o sehingga lahir gol Inter di San Siro, kemudian menambah angka mereka lewat tendangan kilat ketika pertandingan sudah berlansung sekitar satu jam.

Rubin, yang meraih gelar juara liga Rusia untuk kedua kali bulan lalu, akan maju ke kompetisi Liga Eropa, setelah masa istirahat musim dingin, bersama tujuh tim urutan ketiga dari kompetisi klub benua itu.

"Kami memeragakan permainan menyerang dari lini depan. Gaya itu amat sukar diterapkan melawan tim yang bertahan," kata pelatih Inter Jose Mourinho dalam temu pers.

"Para pemain saya mengerti apa yang harus dilakukan dan mereka semua bertanggung jawab, jadi sebenarnya tidak ada masalah dan itu bukan hal luar biasa," katanya.

Unirea terperangah pada menit kedua, ketika Ciprian Marica membuat Stuttgart memimpin dan mereka semakin menderita ketika Christian Trasch dan Pavel Pogrebnyak membuat angka menjadi 3-0 ketika pertandingan baru berlangsung 11 menit.

Hasil permainan Leonardo, yang membangun serangan sendiri setelah turun minum, membuat Olympiakos unggul di Grup H melawan Arsenal, sedangkan Standard Liege berada di urutan ketiga hasil permainan imbang 1-1 di kandang melawan AZ Alkmaar.

Penjaga gawang Sinan Bolat membuat Standard menyamakan kedudukan pada menit kelima "injury time" setelah tamu mendapatkan angka mereka pada babak pertama melalui Jeremain Lens.

Sevilla memastikan diri berada di urutan atas Grup G di atas Stuttgart setelah Frederic Kanoute berhasil menendang penalti sehingga angka akhir 1-0 untuk laga kandang melawan Rangers.

Batefimbi Gomis dan Michel Bastos membawa Lyon maju ketika melawan Debrecen pada babak pertama dan pemain tengah Bosnia Miralem Pjanic dan Aly Cissokho melengkapi angka kemenangan mereka.

Gol yang diciptakan Yossi Benayoun membuat Liverpool unggul di Anfield tetapi Fiorentina, yang butuh kemenangan untuk berada di puncak klasemen grup, membalas angka itu melalui Martin Jorgensen sebelum Alberto Gilardino melesat mencetak angka kemenangan pada "injury time" bagi klub dari Italia itu.

0 komentar: