Jumat, 11 Desember 2009

Pendekatan Pemikiran

Dalam bukunya yang berjudul TEOLOGI oleh Harun Nasution dan A.Hanafi. Menurut mereka yang sudah terbiasa dengan tradisi barat serta enggan mempelajari islam dari berbagai studi formal lebih melihat teologi sebagai pemahaman serta penafsiran terhadap realita dalam perspektif ketuhanan, sehingga lebih kepada refleksi-refleksi empiris. dan sebagai tambahan bahwa dalam studi islam muatan wahyu selain aqidah juga mengenai syariah serta AKHLAQ(TASAWUF).
Pendekatan pemikiran kalam berangkat dari interested(kepercayaan) terhadap kebenaran dogma atau informasi al-Quran terutama tentang masalah ketuhanan dan kemudian menggunakan akal sebagai alat untuk membuktikan kebenaran informasi al-Quran tersebut atau dengan sebutan lain pendekatan tekstual dan rasional.
Pendekatan pemikiran filsafat menjelaskan inti, hakekat, hikmah, mengenai sesuatu yang mendasar, asas, dibalik yang bersifat lahiriyah. Contoh ketika manusia mengatakan bullpoint, merek, harga, dan jenis-jenis yang berlainan makana inti dari semua bullpoint adalah alat tulis. contoh lain pelaksanaan ibadah puasa ramadhan, sesungguhnya inti, hakekat dan esensi pesannya sangat terkait dengan kepekaan ritual kualitas moral dan kepedulian sosial.
Pendekatan pemikiran tasawuf, pertama sudut pandang manusia sebagai makhluk terbatas, kedua sebagai makhluk yang harus berjuang, dan ketiga sebagai makhluk ber-Tuhan. Untuk yang pertama, bahwa manusia sebagai makhluk terbatas, maka tasawuf dapat didefinisikan sabagai upaya mensucikan diri dengan cara menjauhkan pengaruh dunia dan memusatkan perhatian hanya kepada ALLOH. Yang kedua, manusia sebagai makhluk yang harus berjuang, maka tasawufnya dapat didefinisikan sebagai upaya memperindah diri dari akhlaq yang bersumber pada ajaran agama dalam rangka mendekatkan diri kepada ALLOH. Sedangkan yang ketiga, manusia sebagai makhluk yang ber-Tuhan, maka tasawuf dapat didefinisikan sebagai kesadaran fitnah(perasaan percaya kepada ALLOH) yang dapat mengarahkan jiwa agar tertuju kepada kegiatan-kegiatan yang dapat menghubungkan manusia dengan ALLOH.
Semoga ulasan diatas bisa mempertabal keImanan kita sebagai umat Moeslem !! Amiin....

0 komentar: